Rabu, 28 Oktober 2009

MERAWAT POWER STEERING

POWER steering merupakan peralatan yang telah mengubah karakteristik sistem kemudi yang selama ini hanya mengandalkan gerak mekanik ke dalam bentuk hidraulik sehingga kemudi terasa lebih ringan dan mudah dikendalikan. Fasilitas ini, terutama, sangat dirasakan manfaatnya ketika kendaraan akan diparkir atau berputar arah di area yang sempit.
Power steering sebenarnya ada dua macam, yakni yang menggunakan sistem fluida dan elektrik. Pada sistem fluida, sistem kemudi memanfaatkan minyak rem untuk menggerakkan steering box. Sementara sistem elektrik bekerja dengan mengandalkan motor penggerak untuk memutar steering box.
Sistem elektrik hampir bisa dipastikan lebih jarang bermasalah karena sistem ini sepenuhnya hanya bergantung pada daya tahan motor penggerak yang memang dirancang untuk usia pakai yang panjang. Berbeda dengan sistem ini, sistem fluida memerlukan perhatian dan perawatan yang rutin.
Sayangnya, kerusakan power steering tipe fluida ini, kebanyakan, muncul akibat pengguna yang terlalu bersemangat memanfaatkan fasilitas power steering di kendaraannya. Para pengemudi biasanya, lebih suka, membanting steer hingga putaran penuh.
Pada hal, pada saat putaran penuh ini, tekanan hidraulik minyak rem berada pada kondisi maksimal. Bila, kondisi ini sering terjadi, minyak akan menjadi panas dan lama-kelamaan akan merusak komponen-komponen power steering yang kebanyakan terbuat dari bahan karet.
Contohnya, seal pompa, rack and pinion, atau selang-selang. Bila komponen-komponen tersebut sering terkena berada pada suhu tinggi, maka bahan-bahan ini akan menjadi keras dan tidak elastis lagi. Bila kondisi itu terus didiamkan, bukan tidak mungkin, seal tersebut menjadi bocor. Akibatnya, kemudi akan terasa berat.
Untuk menghindari kondisi itu atau paling tidak memperpanjang usia power steering, pengemudi sebaiknya menghindari memutar steer hingga mentok sebisa mungkin, meskipun pada saat melintas di tikungan tajam (U turn).
Selain tepat waktu pada jadwal pemeriksaan berkala sesuai dengan cara perawatan yang diajukan produsen kendaraan, kondisi minyak rem juga sebaiknya sering-sering diperhatikan. Minyak rem yang bagus memiliki warna merah. Bila sudah mulai hitam sebaiknya segera di ganti di bengkel.
Begitu pula dengan volume minyak rem. Bila volume ini menunjukkan angka dibawah minimum, maka kendaraan sebaiknya tidak menggunakan fasilitas ini. Mobil juga sebaiknya dibawa ke bengkel jika stick penunjuk wadah minyak rem berada di bawah minimal, karena kondisi ini bisa jadi timbul akibat ada kebocoran.
Minyak rem juga sebaiknya diganti secara berkala sesuai dengan waktu yang dianjurkan pabrik kendaraan. Misalnya, setelah menempuh 30 ribu kilometer atau dalam waktu satu tahun pemakaian, tergantung mana yang lebih dulu dicapai.
Pada saat servis rutin, drive belt (belt penggerak pompa power steering yang berasal dari mesin) juga sebaiknya turut diperiksa. Karena, apabila belt ini putus, namun power steering tidak berfungsi.
Secara umum, power steering yang bermasalah dapat dideteksi dari beberapa gejala seperti roda kemudi yang semakin berat diputar; setir berderit ketika diputar, setir tidak konsisten,, kadang terasa ringan dan kadang berat.
Agar awet, jangan paksa setir diputar habis/belok patah. Sebaiknya kondisi minyak rem diperiksa setiap dua minggu bersama-sama dengan pemeriksaan cairan aki dan radiator.

MERAWAT SISTEM SUSPENSI DAN KEMUDI

SISTEM suspensi dan kemudi wajib dirawat dan diperhatikan secara rutin. Maklum, masalah yang muncul pada sistem itu biasanya muncul sedikit-sedikit atau bertahap. Untuk itu, tidak seharusnya Anda mengabaikan perawatan sistem itu dan menunggu hingga sistem tersebut benar-benar rusak. Sebaiknya, sistem itu diperiksa setiap 4.800 kilometer atau tiga bulan sekali. Tip berikut dapat membantu Anda memeriksa sistem suspensi dan kemudi.
Langkah pertama, parkir mobil di tempat yang rata. Tekan bagian atas bemper kiri depan dan bemper kanan depan, lalu lepaskan dengan cepat. Mobil akan melenting seolah-olah menabrak tonjolan di jalan. Jika mobil melenting lebih dari satu atau dua kali, itu artinya peredam bantingan tampaknya perlu diganti.
Langkah kedua, ganjal ujung depan mobil sehingga mobil terangkat dan Anda bisa memeriksa mekanisme kemudi di bagian bawah mobil. Periksa, apakah ada cairan yang bocor pada peredam bantingan.
Langkah ketiga, mintalah bantuan seseorang untuk memutar roda kemudi berkali-kali ke kiri dan kanan. Coba Anda perhatikan bagaimana mekanisme kemudi bekerja. Telusuri pergerakan dari bak persneling kemudi melalui tongkatnya ke sisi belakang roda. Pergerakan harus mulus tanpa suara yang tidak jelas atau suara logam.
Perhatikan bagian samping roda depan. Pegang ban dan gerakkan dari sisi ke sisi. Pergerakan harus mulus dan tidak tersentak-sentak atau berisik. Kemudian pegang ban di bagian atas dan bawah. Gerakkan ke arah yang menjauh dari anda beberapa kali untuk melihat apakah ban kelihatan longgar.
Langkah terakhir, putar ban satu per satu dan perhatikan apakah terdengar suara berisik. Suara gemeletuk dapat berarti bantalan roda membutuhkan pelumasan atau rem yang menyeret.

GANGGUAN PADA SISTEM KEMUDI

GANGGUAN pada kemudi dapat mengurangi kenyamanan waktu mengendarai mobil. Mengetahui lebih dini gangguan pada sistem kemudi akan mengurangi kerugian lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya mengenali beberapa gangguan setir (kemudi).
Bagi kendaraan yang sudah mengadopsi teknologi power steering, kemudi yang berat menunjukkan adanya masalah. Biasanya gangguan disebabkan tali kipas (V-belt) sudah kendur atau kehabisan oli power steering.
Gangguan lain bisa juga karena bentuk ban radial yang terlalu lebar atau tekanan angin kurang. Akibatnya bidang gesek dengan permukaan jalan menjadi lebih besar sehingga kemudi pun jadi berat. Kemudi terasa berat juga sering terjadi pada kendaraan model gear box.
Pada kendaraan jenis ini penyebabnya akibat penyetelan sector shaft terhadap steering worm tidak benar sehingga tidak ada free play. Sementara itu, kemudi berat pada kendaraan model rack and opinion disebabkan tekanan ban yang tidak cukup. Penyetelan baut kelonggaran gigi yang terlalu kencang juga akan membuat kemudi juga terasa berat.
Perlu juga diwaspadai gerak bebas berlebihan (free play) akibat penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau pengantar/penyetel rack pada model rack and opinion terlalu kendur. Pada kendaraan jip bisa disebabkan oleh keausan pada center arm bracket kendaraan yang cenderung menarik ke satu arah.
Kemudi berat juga bisa disebabkan kendaraan miring karena suspensi (pegas) depan lemah. Penyebabnya karena diameter ban tidak sama serta bantalan (larger) roda depan yang sudah aus. Selain kemudi yang terasa berat, hal lain yang juga mengganggu konsentrasi berkendara adalah getaran kuat pada lingkar kemudi. Setir yang bergetar akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Di samping itu kenyamanan juga menjadi terganggu. Jika mengalami hal itu, sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel.
Namun, perlu juga mengetahui penyebab dan cara perbaikan getaran-getaran setir tersebut. Setir bergetar bisa disebabkan oleh tekanan di antara keempat ban tidak seragam atau bisa tekanannya kurang. Untuk mengatasinya, cukup dengan menyesuaikan tekanan ban sesuai standar yang diharuskan.
Setir bergetar bisa juga disebabkan batang penghubung pada sistem kemudi longgar sehingga perlu dilakukan penyetelan kembali atau mengganti bagian batang penghubung yang sudah aus. Masih banyak faktor-faktor yang menyebabkan setir bergetar. Karena itu yang terbaik adalah rajin melakukan pemeriksaan atau perawatan rutin terutama di bengkel resmi.

MERAWAT REM MOBILl

Rem adalah salah satu bagian paling vital dalam pengoperasian kendaraan
Anda (mobil misalnya). Keberadaan rem sangat penting untuk memberikan
rasa aman saat penggunaan mobil, namun berfungsinya peranti satu itu sangat
tergantung dengan bagaimana cara kita merawatnya. Kalau perawatan
diabaikan, hampir pasti fungsinya juga tidak optimal.Ujung-ujungnya,
keselamatan kita (dan orang lain) saat berkendara terancam.
Untuk menjaga supaya rem tetap pakem tidak sulit,
asalkan kita tahu bagaimana kiat-kiatnya. Pertama yang harus diperhatikan
adalah bagian disc break dan tromol, dan memeriksa kualitas minyak rem,
saluran rem, dan kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, biasanya harus
diganti atau dibersihkan setelah mobil menempuh 10.000 km. Perhatikan
bagian ini dengan seksama supaya tidak kosong, dan perhatikan perbandingan
antara bagian depan dan belakang (2:1). Bagian depan mendapat porsi lebih
besar sebab paling sering digunakan saat mobil direm.
Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi
baik atau tidak. Caranya, lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc
brake dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila
kampas rem kotor, gunakan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya.
Semakin bersih kampas rem, semakin bagus dan kuat fungsinya. Berikan
gemuk/pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak
terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.
Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah
perawatan yang teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usahakan supaya minyak
diganti setiap mencapai 10.000 km, sedangkan untuk kampas biasanya antara 20-25.000 km
(otomatis) dan 40.000 km (manual). Jangan lupa untuk mengecek kondisi minyak rem setiap dua
minggu sekali.

Membersihkan Jamur dari Kaca Mobil

Kaca mobil adalah salah satu bagian kendaraan yang sangat penting, karena bisa menjaga kita agar terhindar dari sinar ultra violet atau air hujan yang kerap muncul pada saat tidak terduga. Tak heran bila bagian ini nyaris selalu terlihat kotor, namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Kaca yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menjadi kusam dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.
Untuk menghindarinya, bersihkan kaca mobil Anda dengan teratur dalam jangka waktu tertentu (kalau perlu setiap hari di musim hujan). Untuk melakukannya tidak perlu ke salon kecantikan mobil, sebab hanya butuh benda-benda sederhana yang bisa diperoleh dari dalam rumah seperti sabun mandi cair dan spons pembersih. Berikut adalah kiat- kiat jitu membersihkan kaca supaya terhindar dari jamur. Langkah pertama adalah membasuh bagian permukaan kaca yang terkena noda/kotoran dengan air bersih. Untuk melakukannya, gunakan lap yang tidak berserat sebabpermukaan kasar pada lap berserat bisa membuat kaca Anda yang tadinya mulus jadi tergores danmeninggalkan bekas. Berikan sabun (biasanya sabun cair yang telah dicampur dengan air) kepermukaan kaca, kemudian lap sampai busa merata.
Untuk membilasnya, siram air ke permukaan kemudian disusul oleh pengeringan dengan menggunakan lap. Untuk fase ini, usahakan supaya lap tidak basah. Dengan demikian, kaca jadi bebas dari noda dan karat. Sebagai langkah perawatan, hindari memarkir mobil dalam keadaan terjemur langsung oleh terik matahari karena bisa mempercepat proses timbulnya jamur. Kemudian, setiap habis bepergian, jangan lupa bersihkan mobil dengan menggunakan lap atau kemoceng. Dan terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kaca mobil minimal dua minggu sekali (tentunya selain dicuci).

Mobil Terpelihara Meski Jarang Dipakai

Mungkin Anda adalah salah satu dari orang yang sangat sibuk, tugas memaksa
untuk kerap bepergian ke luar kota atau negeri dalam jangka waktu lama. Bila
Anda memiliki mobil pribadi, hal ini harus diperhatikan supaya saat kembali
nanti, kendaraan tidak dalam kondisi terlantar atau mengenaskan. Langkah
pertama yang harus Anda lakukan adalah mencuci mobil sebelum ditinggalkan.
Kemudian, ikuti tips- tips berikut.
1. Posisi rem tangan dibebaskan
Kalau dibiarkan dalam keadaan rem tangan masuk, terutama dalam waktu lama, akan
terjadi kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang
memiliki tromol di roda belakang. Satu hal tambahan, ada baiknya kunci mobil Anda
biarkan tergantung di kemudi kendaraan Anda. Bila rumah Anda mempunyai pembantu, hal
ini akan sangat berguna untuk memanaskan kendaraan setiap hari. Namun jangan
tinggalkan kunci mobil bila ternyata Anda tidak mempunyai garasi atau berada di tempat
terbuka.
2. Ganjal wiper dengan busa/kayu
Bila terus bersentuhan dengan kaca mobil, karet wiper perlahan
akan mengeras dan tidak lentur lagi. Akibatnya karet tersebut (yang
biasa disebut karet mati) akan terasa kasar saat kelak dipergunakan
untuk membasuh kaca depan mobil Anda.
3. Usahakan keempat ban dalam kondisi terangkat tidak
menempel lantai
Caranya, cukup dengan menggunakan dongkrak dan stand-jack.
Tujuannya adalah supaya suspensi mobil terjaga dan tidak terbebani
oleh berat kendaraan. Sebuah mobil yang tidak pernah digunakan dalam waktu cukup lama biasanya suspensinya akan naik-turun, sehingga bila dipergunakan nanti, mobil akan terasa
tidak nyaman.
4. Lepaskan aki bila mobil ditinggal lebih dari dua minggu
Kenapa? Alasannya adalah karena aki mobil sangat sensitif. Bila kendaraan tidak
dinyalakan sama sekali dalam waktu dua minggu atau lebih (terutama bila di rumah yang
Anda tinggalkan tidak ada pembantu), hal itu akan berpengaruh ke akinya, yang bisa lebih
cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang setiap hari dipakai.
5. Bila tempat parkir miring, ganjal empat ban anda dengan balok
Ini berlaku bagi Anda yang mempunyai garasi dengan permukaan miring. Di tips pertama
disebutkan bahwa tidak baik memasukkan posisi rem tangan bila kendaraan ditinggal
cukup lama, namun bagaiman bila permukaannya miring? Caranya mudah, cukup ganjal
keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya supaya mobil tidak berubah posisi.
6. Taruh pengharum mobil, dan tutup mobil dengan cover
Pengharum berfungsi untuk menetralkan bau apek yang mungkin
timbul karena ruang dalam mobil tertutup dalam waktu lama.
Selain itu, mobil yang dibiarkan dalam keadaan terbuka juga
memudahkan partikel-partikel debu masuk ke dalam mobil
melalui celah-celah, suatu hal yang tentunya tidak diinginkan
oleh setiap pemilik mobil. Untuk menghindarinya, cukup beli
penutup mobil yang biasa dijual di toko-toko aksesoris mobil.

Membersihkan Noda Jok Mobil

Anak adalah buah hati orang tuanya, dan mereka kerap kali dibawa kemanapun sang ibu pergi (terutama bila berkendaraan). Bepergian tersebut juga memerlukan persiapan khusus, diantaranya adalah membawa bekal untuk makan/minum anak, atau pakaian ganti. Untuk balita, satu benda yang tidak pernah tertinggal adalah botol susu/minuman. Nah, minum susu dalam perjalanan ini yang kerap menjadi bencana kecil, karena kondisi jalan atau hal lain, susu sering kali tumpah di atas jok mobil Anda.Kejadian ini sering kali tidak diambil pusing, namun jangan salah. Mendiamkan noda susu atau minuman (kecuali air putih) hingga merembes ke dalam jok hanya akan membuat bau asam atau tidak sedap tercium. ni dapat menimbulkan jamur dan menarik perhatian hewan-hewan menjijikkan seperti kecoa masuk ke dalam mobil. Belum lagi, noda tersebut akan membuat kusam. Untuk mengatasinya, ada kiat-kiat tertentu yang bisa dilakukan, tentunya dengan meluangkan sedikit waktu Anda. Ada beberapa alat yang dapat digunakan dan dapat diperoleh dari sekitar rumah, yaitu sikat besar, sikat gigi, kain serbet, kain putih, sprayer, air berisi sabun deterjen, dan terakhir vacuum-cleaner. Kemudian perhatikan tipe jok mobil Anda, ada dua bahan : kulit dan kain, yang masing-masing memerlukan penanganan berbeda. Untuk jok kain, yang perlu dicermati adalah sifatnya yang cepat menyerap air/merembes, sehingga perlu penanganan yang cepat. Sementara untuk yang jenis kulit akan lebih mudah, mengingat sifatnya yang lambat menyerap air. Selain itu, sebagai pencegahan kejadian serupa terulangdi kemudian hari, ada baiknya bila jok dilapisi oleh cover setiap kali mengajak buah hati.
Tips
membersikan jok mobil dari noda susu :
1. Bersihkan jok dengan mesin penyedot debu.
2. Semprotkan deterjen ke jok mobil.
3. Sikat jok mobil sampai noda hilang.
4. Keringkan dengan menggunakan penyedot debu.
5. Semprotkan pengharum mobil.
6. Gunakan penutup jok untuk menghindari jok mobil dari noda.

Selasa, 27 Oktober 2009

Membersihkan Jamur dari Kaca Mobil

Kaca mobil adalah salah satu bagian kendaraan yang sangat penting, karena bisa menjaga kita agar terhindar dari sinar ultra violet atau air hujan yang kerap muncul pada saat tidak terduga. Tak heran bila bagian ini nyaris selalu terlihat kotor, namun hal ini tidak bisa dibiarkan. Kaca yang terlalu lama tidak dibersihkan akan menjadi kusam dan menjadi tempat tumbuhnya jamur.
Untuk menghindarinya, bersihkan kaca mobil Anda dengan teratur dalam jangka waktu tertentu (kalau perlu setiap hari di musim hujan). Untuk melakukannya tidak perlu ke salon kecantikan mobil, sebab hanya butuh benda-benda sederhana yang bisa diperoleh dari dalam rumah seperti sabun mandi cair dan spons pembersih. Berikut adalah kiat- kiat jitu membersihkan kaca supaya terhindar dari jamur. Langkah pertama adalah membasuh bagian permukaan kaca yang terkena noda/kotoran dengan air bersih. Untuk melakukannya, gunakan lap yang tidak berserat sebabpermukaan kasar pada lap berserat bisa membuat kaca Anda yang tadinya mulus jadi tergores danmeninggalkan bekas. Berikan sabun (biasanya sabun cair yang telah dicampur dengan air) kepermukaan kaca, kemudian lap sampai busa merata.
Untuk membilasnya, siram air ke permukaan kemudian disusul oleh pengeringan dengan menggunakan lap. Untuk fase ini, usahakan supaya lap tidak basah. Dengan demikian, kaca jadi bebas dari noda dan karat. Sebagai langkah perawatan, hindari memarkir mobil dalam keadaan terjemur langsung oleh terik matahari karena bisa mempercepat proses timbulnya jamur. Kemudian, setiap habis bepergian, jangan lupa bersihkan mobil dengan menggunakan lap atau kemoceng. Dan terakhir, jangan lupa untuk membersihkan kaca mobil minimal dua minggu sekali (tentunya selain dicuci).

Senin, 26 Oktober 2009

FOTOSINTESIS

Fotosintesis adalah suatu proses
biokimia yang dilakukan tumbuhan,
untuk memproduksi energi terpakai
(nutrisi) dengan memanfaatkan
energi cahaya.
Hampir semua makhluk hidup
bergantung dari energi yang
dihasilkan dalam fotosintesis.
Akibatnya fotosintesis menjadi
sangat penting bagi kehidupan di
bumi.
Fosintesis berasal dari kata foton
artinya cahaya, dan síntesis yang
berarti penyusunan.
Berdasarkan arti dari dua kata
tersebut diatas maka fotosintesis
adalah peristiwa penyusunan zat
organik (gula) dari zat anorganik
(air, karbondioksida), dengan
pertolongan energi cahaya.
Karena bahan baku yang digunakan
adalah zat carbon maka
fotosíntesis dapat disebut juga
asimilasi zat karbon.
Fotosintesis berperan dalam
menghasilkan sebagian besar
oksigen yang terdapat di atmosfer
bumi.
Organisme yang menghasilkan
energi melalui fotosintesis (photosberarti cahaya)
disebut sebagai
fototrof.
Fotosintesis merupakan salah satu
cara asimilasi karbon karena dalam
fotosintesis karbon bebas dari CO2
diikat (difiksasi) menjadi gula
sebagai molekul penyimpan energi.
Bahan baku untuk proses
fotosíntesis adalah karbondioksida
dan air. karbondioksida diambil
tanaman melalui mulut daun
(stomata), sedangkan air diambil
tanaman dari dalam tanah melalui
akar tanaman
Cara lain yang ditempuh organisme
untuk mengasimilasi karbon adalah
melalui kemosintesis, yang
dilakukan oleh sejumlah bakteri
belerang.
Relevansi dari fotosintesis pada
tanaman adalah pertumbuhan
perkembangan, penyimpanan dan
alokasi asimilat.
Perubahan pada proses ini akan
merubah laju fotosintesis itu sendiri
dan berakibat juga pada seluruh
proses fisiologi tanaman. Misalnya
cahaya mempengaruhi fotosíntesis
dan juga memberikan efek
fotomorfogenetik pada tanaman.
Respirasi secara sederhana
merupakan proses perombakan
senyawa organik menjadi senyawa
anorganik dan menghasilkan energi.
Respirasi dibagi atas dua yaitu
respirasi aerob dan anaerob.
Respirasi aerob adalah suatu proses
metabolisme tanaman dengan
menggunakan oksigen. Reaksi
proses ini dapat dituliskan melalui
persamaan reaksi sebagai berikut:
C6H12O6 + O2 H2O + CO2 +
Kalori
Respirasi anaerobik adalah reaksi
pemecahan karbohidrat untuk
mendapatkan energi tanpa
menggunakan oksigen.
Proses respirasi ini mengambil dan
menggunakan senyawa asam fenol
piruvat atau asetaldehid misalnya
sebagai pengikat hidrogen dan
membentuk asam laktat atau
alkohol.
Respirasi anaerobik dapat terjadi
pada:
1. Jaringan yang kekurangan
oksigen misalnya akar tanaman
yang terendam air
2. Biji yang berkulit tebal dan sulit
untuk ditembus oksigen
Pada respirasi anaerob ini bahan
baku (gula) tidak terurai lengkap
menjadi air dan karbondioksida,
maka energi yang dihasilkan lebih
kecil dibandingkan dengan respirasi
aerobik.

PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN TUMBUHAN

Pertumbuhan tanaman dapat
didefinisikan sebagai peristiwa
perubahan biologis yang terjadi
pada makhluk hidup berupa
perubahan ukuran yang bersifat
irreversible (tidak berubah kembali
ke asal atau tidak dapat balik).

Perkembangan adalah proses
menuju pencapaian kedewasaan
atau tingkat yang lebih sempurna
pada makhluk hidup.

Pertumbuhan pada makhluk hidup
bersel banyak (multiselluler) ditandai
dengan pertambahan ukuran sel
(sel bertambah besar dan panjang)
dan pertambahan jumlah sel.
Sedangkan pertumbuhan pada
makhluk ber sel satu (uniseluler)
ditandai dengan penambahan
ukuran sel.
Tanaman yang bertambah panjang
di tempat gelap belum dapat
dikatakan tumbuh walaupun
volumenya bertambah, karena bobot
kering sebenarnya menurun akibat
respirasi yang terus berlangsung,
sedangkan fotosintesa tidak terjadi.
Dalam keadaan normal
pertumbuhan bukan saja
pertambahan volume tetapi juga
diikuti oleh pertambahan bobot
kering.
Proses pertumbuhan tanaman terdiri
dari pembelahan sel, lalu diikuti oleh
pembesaran sel dan terakhir adalah
difrensiasi sel.
Pertumbuhan hanya terjadi pada
lokasi tertentu saja, yaitu pada
jaringan meristem.
Jaringan meristem adalah jaringan
yang sel-selnya aktif membelah.
Mitosis terjadi pada daerah
meristem dan untuk pembelahan ini
Yang paling aktif dalam pembelahan
sel ini adalah jaringan meristem
ujung akar dan batang.
Aktivitas meristem kedua bagian ini
menyebabkan terjadinya
pertumbuhan ke bawah dan ke atas
yang disebut juga pertumbuhan
primer.
Sedangkan pertumbuhan ke
samping yang dimotori oleh
pembelahan sel-sel pada kambium
disebut pertumbuhan sekunder.
Proses pertumbuhan ini terjadi
karena adanya pembelahan mitosis,
yaitu pembelahan sel-sel tubuh.
diperlukan karbohidrat dan protein
dalam jumlah yang relatif besar.
Pembelahan itu sendiri ada dua
jenis yaitu meiosis dan mitosis.
Kalau mitosis pembelahan dari sel
tubuh sedangkan meiosis
pembelahan sel kelamin.
Untuk kegiatan mitosis ini maka
pengangkutan air, karbohidrat,
protein dan zat-zat lain ke daerah
meristem berjalan lancar.
Setelah pembelahan sel, akan
terjadi pembesaran sel. Seperti pada
pembelahan sel, pembesaran sel
juga terjadi pada jaringan meristem.
Urutan terakhir dari proses
pertumbuhan tanaman disebut
diferensiasi. Pertumbuhan
merupakan salah satu ciri makhluk
hidup.
Tumbuhan tumbuh dari kecil
menjadi besar dan berkembang dari
satu zigot menjadi embrio kemudian
menjadi satu individu yang
mempunyai akar, batang, dan daun.
Pertumbuhan merupakan hasil
interaksi antara faktor dalam dan
luar. Pertumbuhan merupakan
proses yang irreversibel artinya tidak
dapat balik
Perubahan dari kecil menjadi
dewasa pada kedelai misalnya
merupakan akibat dari proses
pertumbuhan dan perkembangan.
Berbeda dengan pertumbuhan,
proses perkembangan ini tidak
dapat diukur sehingga tidak dapat
dinyatakan secara kuantitatif.

Perkembangan pada tumbuhan
merupakan suatu proses menuju
tercapainya kedewasaan pada
tumbuhan tersebut. Tumbuhan
dikatakan dewasa jika tumbuhan
tersebut sudah membentuk bunga.
Pertumbuhan dan
perkembangan merupakan gejala-gejala
yang saling berhubungan.
Pertumbuhan sebagaimana telah
didefinisikan sebagai pertambahan
ukuran (biasanya dalam bobot
kering) yang tidak dapat balik
(irreversibel). Sedangkan
perkembangan mencakup proses
diferensiasi, dan ditunjukkan oleh
perubahan-perubahan yang lebih
tinggi, menyangkut spesialisasi
secara anatomi dan fisiologi.
Diferensiasi merupakan salah satu
proses penting dalam budidaya
tanaman. Akan tetapi perubahan
dari sel sederhana ke organisme ber
sel banyak yang kompleks, belum
dapat dipahami secara sempurna.
Mekanisme diferensiasi tanaman
menjadi sel yang kompleks tidaklah
jelas. Akan tetapi faktor-faktor
penting yang mempengaruhi
diferensiasi jaringan sudah banyak
di teliti. Sebagai hasil dari penelitian
tersebut dikatakan beberapa faktor
seperti hara dan hormon tumbuh
merupakan faktor yang memegang
peranan penting dalam diferensiasi
tanaman.
Pertumbuhan yang terjadi pada
tumbuhan dibagi menjadi dua
macam yaitu pertumbuhan primer
dan pertumbuhan sekunder.
Pertumbuhan primer adalah
pertumbuhan ukuran panjang pada
bagian batang tumbuhan karena
adanya aktivitas jaringan meristem
primer. Sedangkan pertumbuhan
sel sekunder adalah pertambahan
besar dari organ tumbuhan karena
adanya aktivitas jaringan meristem
sekunder yaitu kambium pada kulit
batang, kambium batang, dan dan
akar.
Berdasarkan aktivitasnya, daerah
pertumbuhan pada ujung akar dan
ujung batang dibedakan menjadi tiga
daerah pertumbuhan yaitu:
- daerah pembelahan sel
- daerah perpanjangan sel
- daerah diferensiasi sel

MERAWAT MESIN TURBO

Menggunakan mesin bertenaga turbo memang menguntungkan. Karena teknologi ini akan banyak membantu menambah daya tenaga kendaraan Anda.
Sebaiknya Anda juga harus rajin merawat turbo tersebut jika tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk perbaikannya. Selain itu, kalau kerusakan dibiarkan, dapat menjalar ke beberapa bagian yang penting. Beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan pada mesin turbo mobil Anda.Pertama, luangkan waktu untuk rajin melakukan servis rutin sistem turbo sesuai dengan rentang waktu yang direkomendasikan produsen mobil. Juga jangan lupa menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen. Periksa apakah ada kebocoran oli, suara-suara, dan getaran yang tidak wajar.
Kedua, perhatikan apakah tenaga turbo terasa berkurang dan mengeluarkan suara keras dengan asap biru atau hitam. Jika ya, itu berarti ada indikasi bahwa terdapat masalah pada mesin mobil tetapi bukan pada turbonya.
Selanjutnya jika hal itu Anda alami, panaskanlah mesin mobil selama beberapa saat. Tunggu temperatur oli mesin hingga mencapai suhu kerja optimal sebelum menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mengaktifkan turbo.
Jangan mainkan pedal gas karena kemungkinan minyak pelumas komponen turbo belum sempurna. Tetapi sebaliknya, biarkan mesin berada pada kondisi idle beberapa saat sebelum mesin dimatikan.
Jika mesin langsung dimatikan seketika, maka pasokan oli mesin ke turbo otomatis terhenti. Sementara turbo masih berputar dengan kecepatan tinggi, hal ini dapat mencederai bearing. Kecuali jika teknologi turbo yang digunakan mesin mobil Anda adalah teknologi turbo terbaru, hal itu tidak perlu lagi dilakukan.
Sumber: Otomotifnet

MERAWAT MESIN TURBO

Menggunakan mesin bertenaga turbo memang menguntungkan. Karena teknologi ini akan banyak membantu menambah daya tenaga kendaraan Anda.
Sebaiknya Anda juga harus rajin merawat turbo tersebut jika tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk perbaikannya. Selain itu, kalau kerusakan dibiarkan, dapat menjalar ke beberapa bagian yang penting. Beberapa tips berikut ini dapat membantu Anda dalam melakukan perawatan pada mesin turbo mobil Anda.Pertama, luangkan waktu untuk rajin melakukan servis rutin sistem turbo sesuai dengan rentang waktu yang direkomendasikan produsen mobil. Juga jangan lupa menggunakan oli yang sesuai dengan rekomendasi produsen. Periksa apakah ada kebocoran oli, suara-suara, dan getaran yang tidak wajar.
Kedua, perhatikan apakah tenaga turbo terasa berkurang dan mengeluarkan suara keras dengan asap biru atau hitam. Jika ya, itu berarti ada indikasi bahwa terdapat masalah pada mesin mobil tetapi bukan pada turbonya.
Selanjutnya jika hal itu Anda alami, panaskanlah mesin mobil selama beberapa saat. Tunggu temperatur oli mesin hingga mencapai suhu kerja optimal sebelum menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mengaktifkan turbo.
Jangan mainkan pedal gas karena kemungkinan minyak pelumas komponen turbo belum sempurna. Tetapi sebaliknya, biarkan mesin berada pada kondisi idle beberapa saat sebelum mesin dimatikan.
Jika mesin langsung dimatikan seketika, maka pasokan oli mesin ke turbo otomatis terhenti. Sementara turbo masih berputar dengan kecepatan tinggi, hal ini dapat mencederai bearing. Kecuali jika teknologi turbo yang digunakan mesin mobil Anda adalah teknologi turbo terbaru, hal itu tidak perlu lagi dilakukan.
Sumber: Otomotifnet

MELIHAT KEBAIKAN

Sebenarnya, melihat kebaikan dalam segala hal merupakan ungkapan yang biasa. Dalam kehidupan kita sehari-hari, orang sering mengatakan, “Pasti ada kebaikan (hikmah) di balik kejadian ini,” atau, “Ini merupakan berkah dari Allah.”
Biasanya, banyak orang mengucapkan ungkapan-ungkapan tersebut tanpa memahami arti sebenarnya atau semata-mata hanya mengikuti kebiasaan masyarakat yang tidak ada maknanya. Kebanyakan mereka gagal memahami arti yang sebenarnya dari ungkapan-ungkapan tersebut atau bagaimana pemahaman itu dipraktikkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Pada dasarnya, kebanyakan manusia tidak sadar bahwa ungkapan-ungkapan tersebut tidak sekadar untuk diucapkan, tetapi mengandung pengertian yang penting dalam kejadian sehari-hari.
Kenyataannya, kemampuan melihat kebaikan dalam setiap kejadian, apa pun kondisinya—baik yang menyenangkan maupun tidak—merupakan kualitas moral yang penting, yang timbul dari keyakinan yang tulus akan Allah, dan pendekatan tentang kehidupan yang disebabkan oleh keimanan. Pada akhirnya, pemahaman akan kebenaran ini menjadi sangat penting dalam menuntun seseorang tidak hanya untuk mencapai keberkahan hidup di dunia dan akhirat, tetapi juga juga untuk menemukan kedamaian dan kebahagiaan yang tak akan berakhir.
Tanda pemahaman yang benar akan arti iman adalah tidak adanya kekecewaan akan apa pun yang terjadi dalam kehidupan ini. Sebaliknya, jika seseorang gagal melihat kebaikan dalam setiap peristiwa yang terjadi dan terperangkap dalam ketakutan, kekhawatiran, keputusasaan, kesedihan, dan sentimentalisme, ini menunjukkan kurangnya kemurnian iman. Kebingungan ini harus segera dienyahkan dan kesenangan yang berasal dari keyakinan yang teguh harus diterima sebagai bagian hidup yang penting. Orang yang beriman mengetahui bahwa peristiwa yang pada awalnya terlihat tidak menyenangkan, termasuk hal-hal yang disebabkan oleh tindakannya yang salah, pada akhirnya akan bermanfaat baginya. Jika ia menyebutnya sebagai “kemalangan”, “kesialan”, atau “seandainya”, ini hanyalah untuk menarik pelajaran dari sebuah pengalaman. Dengan kata lain, orang yang beriman mengetahui bahwa ada kebaikan dalam apa pun yang terjadi. Ia belajar dari kesalahannya dan mencari cara untuk memperbaikinya. Bagaimanapun juga, jika ia jatuh dalam kesalahan yang sama, ia ingat bahwa semuanya memiliki maksud tertentu dan mudah saja memutuskan untuk lebih berhati-hati dalam kesempatan mendatang. Bahkan jika hal yang sama terjadi puluhan kali lagi, seorang muslim harus ingat bahwa pada akhirnya peristiwa tersebut adalah untuk kebaikan dan menjadi hak Allah yang kekal. Kebenaran ini juga dinyatakan secara panjang lebar oleh Nabi saw.,
Hanya dalam kesadaran bahwa Allah menciptakan segalanya untuk tujuan yang baik sajalah hati seseorang akan menemukan kedamaian. Adalah sebuah keberkahan yang besar bagi orang-orang beriman bila ia memiliki pemahaman akan kenyataan ini. Seseorang yang jauh dari Islam akan menderita dalam kesengsaraan yang berkelanjutan. Ia terus-menerus hidup dalam ketakutan dan kekhawatiran. Di sisi lain, orang beriman menyadari dan menghargai kenyataan bahwa ada tujuan-tujuan Ilahiah di balik ciptaan dan kehendak Allah.

Karena itu, adalah memalukan bagi orang beriman bila ia ragu-ragu dan ketakutan terus-menerus karena selalu mengharapkan kebaikan dan kejahatan. Ketidaktahuan terhadap kebenaran yang jelas dan sederhana, kekurangtelitian, dan kemalasan hanya akan mengakibatkan kesengsaraan di dunia dan di akhirat. Kita harus ingat bahwa takdir yang ditentukan Allah adalah benar-benar sempurna. Jika seseorang menyadari adanya kebaikan dalam setiap hal, dia hanya akan menemukan karunia dan maksud Ilahiah yang tersembunyi di dalam semua kejadian rumit yang saling berhubungan. Walau ia mungkin memiliki banyak hal yang mesti diperhatikannya setiap hari, seseorang yang memiliki iman yang kuat—yang dituntun oleh kearifan dan hati nurani—tidak akan membiarkan dirinya dihasut oleh tipu muslihat setan. Tak peduli bagaimanapun, kapan pun, atau di mana pun peristiwa itu terjadi, ia tidak akan pernah lupa bahwa pasti ada kebaikan di baliknya. Walaupun ia mungkin tidak segera menemukan kebaikan tersebut, apa yang benar-benar penting baginya adalah agar ia menyadari adanya tujuan akhir dari Allah.
Sumber : Melihat Kebaikan/Harun Yahya

BAGIAN-BAGIAN MESIN KAPAL

Kapal mungkin merupakan sebuah alat transportasi yang idak asing lagi bagi kita. Untuk bergerak kapal tentu memerlukan sumber tenaga untuk menggerakkannya dan berbagai komponen lain untu melengkapinya. Berbagai bentuk tenaga penggerak seperti dayung, layar, mesin diesel dan mesin uap bahkan tenaga nuklir sudah pernah digunakan. Untuk kapal-kapal sekarang penggunaan mesin diesel memang lebih sering digunakan. Sedangkan untuk kapal-kapal besar sering menggunakan mesin uap sebagai tenaga penggerak. Penggunaan mesin diesel lebihumum digukan karena mesin diesel lebih mudah digunakan. Mesin-mesin dalam sebuah kapal dibagi atas tiga bagian besar, yaitu :
1. Main Engine/Motor Induk
Berfungsi sebagai penggerak utama untuk menggerakkan baling-baling yang akan menyebabkan pergerakan maju maupun mundur bagi kapal.
2. Generator Set
Berfungsi untuk menghasilkan listrik yang akan dibutuhkan alat dan peralatan electrical daam kapal
3. Pesawat Bantu
Jenis-jenis mesin yang digunakan sebagai penunjang didalam kapal. Diantaranya adalah :
a. Air Kompresor
Memberikan supply udara bagi air stater untuk menghidupkan mesin diesel
b. Pompa
Terdapat beberapa pompa yang diantaranya pompa pendingin, pompa ballast, pompa sanitary, pompa dinas umum, pompa transfer bahan bakar
c. Separator
Berfungsi untuk memisahkan minyak dengan air
d. Ketel Air
Digunakan untuk menghasilkan uap air untuk memanaskan bahan bakar sebelum masuk kemesin diesel
e. Mesin kemudi
Befungsi ntuk menggerakkan kemudi kekiri dan kekanan
f. Mesin Jangkar
Berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan jangkar.