Rabu, 28 Oktober 2009

GANGGUAN PADA SISTEM KEMUDI

GANGGUAN pada kemudi dapat mengurangi kenyamanan waktu mengendarai mobil. Mengetahui lebih dini gangguan pada sistem kemudi akan mengurangi kerugian lebih besar. Oleh karena itu, ada baiknya mengenali beberapa gangguan setir (kemudi).
Bagi kendaraan yang sudah mengadopsi teknologi power steering, kemudi yang berat menunjukkan adanya masalah. Biasanya gangguan disebabkan tali kipas (V-belt) sudah kendur atau kehabisan oli power steering.
Gangguan lain bisa juga karena bentuk ban radial yang terlalu lebar atau tekanan angin kurang. Akibatnya bidang gesek dengan permukaan jalan menjadi lebih besar sehingga kemudi pun jadi berat. Kemudi terasa berat juga sering terjadi pada kendaraan model gear box.
Pada kendaraan jenis ini penyebabnya akibat penyetelan sector shaft terhadap steering worm tidak benar sehingga tidak ada free play. Sementara itu, kemudi berat pada kendaraan model rack and opinion disebabkan tekanan ban yang tidak cukup. Penyetelan baut kelonggaran gigi yang terlalu kencang juga akan membuat kemudi juga terasa berat.
Perlu juga diwaspadai gerak bebas berlebihan (free play) akibat penyetelan sector shaft yang tidak tepat atau pengantar/penyetel rack pada model rack and opinion terlalu kendur. Pada kendaraan jip bisa disebabkan oleh keausan pada center arm bracket kendaraan yang cenderung menarik ke satu arah.
Kemudi berat juga bisa disebabkan kendaraan miring karena suspensi (pegas) depan lemah. Penyebabnya karena diameter ban tidak sama serta bantalan (larger) roda depan yang sudah aus. Selain kemudi yang terasa berat, hal lain yang juga mengganggu konsentrasi berkendara adalah getaran kuat pada lingkar kemudi. Setir yang bergetar akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Di samping itu kenyamanan juga menjadi terganggu. Jika mengalami hal itu, sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel.
Namun, perlu juga mengetahui penyebab dan cara perbaikan getaran-getaran setir tersebut. Setir bergetar bisa disebabkan oleh tekanan di antara keempat ban tidak seragam atau bisa tekanannya kurang. Untuk mengatasinya, cukup dengan menyesuaikan tekanan ban sesuai standar yang diharuskan.
Setir bergetar bisa juga disebabkan batang penghubung pada sistem kemudi longgar sehingga perlu dilakukan penyetelan kembali atau mengganti bagian batang penghubung yang sudah aus. Masih banyak faktor-faktor yang menyebabkan setir bergetar. Karena itu yang terbaik adalah rajin melakukan pemeriksaan atau perawatan rutin terutama di bengkel resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar