Senin, 16 November 2009

Telegraph

Telegraph adalah suatu sistem komunikasi yang berkaitan dengan proses pengiriman dan reproduksi dari suatu dokumen dalam bentuk tulisan dan gambar antar tempat yang berjauhan. Atau dapat juga diartikan sebagai pengiriman dan penerimaan salinan
dari informasi apapun dalam bentuk yang telah ditentukan. Dalam prosesnya, huruf, angka dan simbol diberi kode dan diubah ke dalam bentuk sinyal-sinyal listrik yang kemudian dikirim melalui saluran transmisi (kawat penghantar). Di tempat tujuan/penerima, sinyal tersebut diubah kembali ke dalam bentuk informasi aslinya. Suatu rangkaian telegraph adalah suatu kumpulan system komunikasi yang terdiri dari sumber tenaga, pesawat pengirim, saluran transmisi dan pesawat penerima. Pada sisi pengirim informasi yang berupa huruf/tulisan dibaca dan diterjemahkan kedalam bentuk kode/simbul. Terdapat bermacam-macam kode yang digunakan seperti kode Morse, Undulator, Semaphore, Baudot dan sebagainya, tetapi kode morse yang paling banyak digunakan. Setelah diterjemahkan ke dalam kode morse yang terdiri dari gabungan titik dan garis (dot and dash), lalu diubah menjadi sinyal listrik oleh kunci Morse yang berfungsi sebagai skakelar yang bekerja membuat arus listrik mengalir dan tidak mengalir. Lama waktu mengalir dan tidak mengalir disesuaikan dengan kode Morse. Titik berarti ada arus dengan waktu pendek ( 1 detik) dan garis berarti ada arus dengan waktu panjang (3 detik) dan jarak antara kode huruf yang satu dengan yang lainnya adalah disebut spasi dengan waktu tidak ada arus dengan waktu 3 detik. Sinyal-sinyal tersebut dikirimkan ke stasiun penerima melalui transmisi kawat (kabel).
Pada sisi penerima, sinyal telegraph diterima oleh mesin telegraph dan secara magnetis dan mekanik dapat dicetak pada kertas dalam bentuk kode morse. Selanjutnya diterjemahkan kembali kebentuk huruf dan informasi dapat dibaca dan ditulis lalu disampaikan ke alamat sasaran yang di tuju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar