Senin, 16 November 2009

Spooring

Spooring atau dengan istilah lain Wheel alignment instrument adalah seperangkat alat yang mampu mendeteksi sudut-sudut geometri kemudi yaitu camber, caster, toe-in toe-out dan kingpin inclination (KPI). Dengan alat ini ketidaksesuaian sudut geometri kemudi tersebut dapat
diketahui dan bisa dietel kembali sesuai dengan spesifikasinya. Alat ini dilengkapi dengan sepasang turn table sebagai alas roda depan sehingga roda dapat bergeser untuk mempermudah saat melakukan penyetelan sudut-sudut geometri kemudi Spooring dibedakan menjadi dua tipe menurut cara kerjanya :
Tipe mekanis sudah jarang digunakan lagi karena dianggap kurang presisi, penunjuknya berupa skala dan jarum penunjuk Saat ini yang banyak digunakan adalah yang tipe optik, yaitu dengan memanfaatkan sinar infra merah yang ditembakkan pada layar yang dilengkapi skala supaya dapat diketahui sudut geometri rodanya. Tipe optikal saat ini lebih modern lagi karena sudah menggunakan program komputer yang dilengkapi dengan sensor-sensor yang dapat memberikan input data pada komputer sehingga data yang ditampilkan lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar