Kamis, 01 Oktober 2009

MANUAL TRANSMISSION

Transmisi merupakan suatu komponen yang vital dalam suatu kendaraan. Bayangkan aja kalau suatu kendaraan tanpa transmisi, bisa-bisa hidup mesin langsung jalan. Transmisi berfungsi untuk memberikan pergerakan maju dan mundur pada suatu kendaraan. Selain itu transmisi juga memberikan perbedaan kecepatan dan torsi. Umumnya transmisi ada 2 tipe yaitu manual dan otomatis. Transmisi manual merupakan jenis transmisi yang perpindahan giginya masih dilakukan secara manual. Transmisi manual ini terdiri atas shaft dan gear yang dikombinasikan untuk menciptakan gear ratio. Gear ratio inilah yang menyebabkan adanya perbedaan kecepatan dan torsi. Secara umum transmisi terdiri atas transmission case, input shaft, counter shaft, output shaft drive, dan shift lever. Transmission case merupakan wadah atau tempat bagi komponen transmisi dan oli pelumas transmisi. Input shaft memiliki fungsi meneruskan putaran dari flywheel ke counter shaft. Counter shaft meneruskan putaran ke output shaft drive setelah melalui gear ratio. Output shaft drive biasa terhubung dengan propeller shaft yang menghubungkan putaran ke differential. Shift lever digunakan untuk mengubah gigi atau kecepatan secara manual. Ada 3 tipe untuk transmisi manual yaitu sliding gear transmission, collar shift transmission, syncromesh transmission. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar