Kamis, 22 Oktober 2009

BOLT

Bolts mempunyai jenis drat yang berbeda yaitu drat halus dan drat kasar.
Bolts dibuat dari bahan-bahan dan kekuatan yang berbeda, ukuran pitch dengan cara mencetak baja beraturan .

Secara umum bolts dibuat dari sebatang baja, baja tahan karat ( stainless steel ) atau kuningan dimana salah satu ujungnya mempunyai drat dan ujung lainnya mempunyai kepala . Kepala bolts mempunyai standard ukuran sesuai urutan kunci agar bolt dapat diputar dengan menggunakan kunci .

Panjang bolt diukur dari bagian bawah kepala bolt hingga ujung bolt dan besar bolt adalah sesuai diameter luar dari ulir bolt .

Bolt dapat dibuat mempunyai kekuatan yang berbeda
Kekuatan yang paling rendah adalah bolt “ grade 1” sedang bolt yang paling kuat adalah diatas “grade 8” dan di kepala bolt ada tujuh garis strip sebagai identifikasi .
Bagian bolt yang tidak ada ulir disebut “grip”.
Bolts digunakan untuk mengikat ,menahan atau memegang komponen-komponen pada posisi tertentu.Komponen – komponen harus mempunyai lobang yang besarnya cukup sesuai dengan diameter bolt tapi lebih kecil dari kepala bolt dan lobang bolt pada komponen terkhir mempunyai ulir yang sama dengan ulir bolt. Bolt dapat menahan sesuai kemampuannya bila dikencangkan , hal ini membuat bolt stretch ( tegangan tarik ) dan sedikit lebih panjang hingga komponen – komponen diantara kepala bolt dan ulir ( fixture ) mendapat tekanan .

Jumlah torque pada bolt bila dikencangkan dapat ditemukan dalam buku manual .
Bolts dengan ulir halus adalah digunakan untuk spesifik torque dan sangat penting atau bolt digunakan untuk setelan yang tepat .
Beberapa bolt mempunyai karakter khusus untuk pemekaian tertentu .Beberapa bolt harus tahan korosi / corrosion resistence,extra high tensile strength,special heads dan beberapa karakter khusus lainnya .
Perhatikan buku manual untuk memilih bolt yang tepat . Yakinkan bahwa ulir bolts cukup masuk keujung fixture menahan komponen-komponen bila bolts dikencangkan.

Lihat buku manual untuk memastikan torque yang benar jika bolt dikencangkan.
Gunakan Tool yang benar untuk mengencangkan dan melonggarkan bolts .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar